Monday, February 26, 2018

Published 2/26/2018 02:30:00 PM by with 1 comment

Tips menghadapi Soal Bahasa Inggris beserta contoh nya SBMPTN 2018


         Bahasa inggris menjadi soal yang wajib di SBMPTN baik di kelompok pelajaran SOSHUM atau pun kelompok pelajaran SAINTEK. Jadi untuk menjawab soal – soal Bahasa Inggris anda harus mengetahui materi apasaja yang akan keluar di soalnya, dan harus tau bagaimana bentuk soal nya. Untuk itu mari kita simak Artikel nya.
Sebenarnya dalam soal SBMPTN kebanyakan soal nya bertipe Reading comprehension, jadi Reading comprehension ( Membaca Pemahaman ) merupakan soal wajib dalam SBMPTN sehingga kehadirannya dapat dipastikan dan merupakan soal utama dalam SBMPTN dimana jumlah soalnya pun selalu terbanyak dari pada soal lainya
Untuk dapat memahami teks bahasa inggris dibutuhkan pengetahuan akan structure, vocabulary, techniqeu to with the flow of idea, dan menginferensi.

   A.      Previewing

Akan lebih mudah memahami apa yang kita baca apabila kita mulai dengan suatu gambaran umum(general ide) atas apa yang di sampaikan wacana. Previewing membantu kita membentuk suatu general idea  akan topik atau pokok pembicaraan di benak kita.
Untuk melakukan preview ( mendapat gambaran umum cerita), hal pertama yang harus dilakukan adalah perhatikan judul jika ada, kemudian baca kalimat pertama dan terakhir dari setiap paragraf, kita harus melakukannya secepat mungkin.

   B.      Reading For Main Ideas/Skimming (Menemukan sentral gagasan)
      Skimming yaitu cara untuk mendapatkan gambaran umum sebuah cerita. Dengan mengidentifikasi topik/tema cerita. Dengan skimming kita dapat mengetahui inti gagasan ( point of view) penulis . Apabila kita dapat mereduksi bacaan pada teks menjadi sebuah kalimat, bunyi kalimat itulah yang kita namakan pikiran utama.
                Contoh yang menanyakan tentang pikiran utama sebagai berikut ini.
-          What is the topic of the text/paragraph?
-          What is the main idea of the text/paragraph?
-          What is the subject of the text/paragraph?
-          What is the text about?
-          What is the main information of the text?
-          What is the main point in the passage?
Pikiran utama adalah inti dari pesan, informasi atau gagasan yang dipaparkan dari awal hingga akhir suatu wacana.pikiran utama biasanya dinyatakan dalam kalimat awal (deduktif) atau pada kalimat akhir(induktif). Namun terkadang disampaikan secara implisit.
Untuk menentukan pikiran utama, kita harus menyiman pertanyaan di benak kita seperti :
-          Gagasan apa yang paling umum dari keseluruhan teks ?
-          Apa pikiran utama yang menghubungkan  bagian – bagian teks sehingga manjadi satu kesatuan yang utuh ?
-          Opini apa yang disokong oleh semua bagian/semua kalimat?

          C.      Pemberdayaan Konteks
 Konteks merupakan bagian suatu uraian atau kalimat yang dapat mendukung atau menambah kejelasan makna. Konteks bisa berupa suatu kalimat atau paragraf atau wacana. Konteks membantu kita membentuk suatu prediksi umum akan makna jika kita mengetahui makna secara umum dari kata – kata dalam kalimat , paragraf, atau wacana tersebut.
Membuat prediksi dari Konteks sangat penting saat kita membaca suatu bacaan berbahasa asing. Hal ini akan membantu kita memahami suatu wacana tanpa harus tergantung pada kamus.
Dengan pemeberdayaan keterampilan menerka ( guessing skill ), kita dapat memahami makna/arti secara keseluruhan dari semua kalimat,paragraf, atau bahkan wacana/esei. Keterampilan menerka (guessing skill) dapat dilakukan dengan pemberdayaan ‘context clue’ (konteks disisni dimaksud kalimat atau paragraf dimana kata yang tidak diketahui makna nya berada ).
Dalam menggunakan Konteks untuk mencari suatu arti kata, kita harus melibatkan pengetahuan Grammar dan pemahaman pikiran utama penulis. Beberapa poin yang patut kita ingat :
-          Gunakan arti dari kata – kata lain dalam kalimat ( atau paragraf ) dan arti / makna kelimat secara keseluruhan unruk me-reduce kesimpangsiuran arti dari kata yang tidak diketahui maknanya;
-          Gunakan gammar clue dan tanda baca yang merujuk pada keterhubungan antar bagian kalimat; dan
-          Pelajari dan pahami situasi dimana kita tidak perlu mengetahui arti kata per kata.
                Jadi dengan menggunakan teknik Pemberdayaan Konteks kita tidak perlu membuka kamus untuk mengetahui arti kata perkata dan akan mempermudah dalam mengahadi soal SBMPTN.
Itulah sedikit tips dari kami, dan mari kita lihat contoh soal nya :

Questions 1 – 6 are based on the following text 

       The process of global warming and the destructive nature of wildfires have created a deadly cycle in which one constantly contributes to the other. Forest fires and global warming have created a dangerous relationship. The link between these two forces has become clear in recent years. As the climate becomes warmer, forests will become drier,spawning the perpect environment for fires. In addition, as forest fires continue and gain intensity, the trees release more carbon into the atmosphere which contributes to the greenhouse and which therefore causes global warming.
       The increase in forest fires can now be seen as a factor which contributes to global warming. Trees, in the carbon cycle, are labeled a “sink” or a store for carbon. The ability of trees to store carbon dioxode has helped to reduce the amount of CO2 that is pumped into the atmosphere. But now that more trees are being burned through increased forest fires, this stored carbon is being relesead and the CO2 becomes part of the greenhouse gases that drive the greenhouse effects. So, we belive that extra fires intensify global warming. Furthermore , carbon is released in the decomposition of the trees after the fires. There is no doubt that global warming  and forest fires  are linked to rising temperatures.
        Global warming is process which has been accurring for years and whose effects have been more intensively feit by 15 all of living creatures. Forest fires have also been recorded for years , but as mentioned they are a natural process. Therefore, it would be reasonable to attack global warming first. Much work has been done already to solve this problem. Some plans to reduce greenhouse gas emission, such as. Kyoto protocol has been in place for years , but they have shown tittle result.
         Be easy as changing travel methods, instaed of driving to school or working everyday, biking or walking. Or it can be as easy an energy efficient appliance, or switching the light off in rooms which are not being used. Some experts who care about global warming  say that the solutions must start at home. People, who suffer from 20 immediate effect of global warming, must realize that most of their day to day activities contribute to climate change. But, reducing what is called a “carbon footprint” is not difficult. It canLeadership from ordinary people is what it will take to fight againt global warming. People must educate each other on 25 these harmful effects and make them known. But , this process will continue to damage forests around the world unless something is done to reduce the effects of global warming.

           1.       What is the topic of the text ?
a.       Global warming and forest fires as factors contributing to rising temperatures.
b.      The process of global warming and the destructive nature.
c.       Home solutions to anticipate the rising world temperature.
d.      The greenhouse effect as a cause of global warming and forest fires .
e.      The effects of global warming on the human civilization .
JAWABAN :  A
Secara keseluruhan teks menyodorkan analisis bagaimana kebakaran hutandan pemanasan global berkontribusi pada meningkatnya suhu(Global warming and forest fires as factors contributing to rising temperatures  ).

           2.       It  is implied in the text that..
a.       People can comfortably survive living in the very hot world
b.      The number ofscietists on global warming increases every years
c.       World rising temperature can only be stopped by intelligent experts
d.      The education on the dangers of global warming has been well introduced
e.      All people must be actively  involved in saving the world from destruction
JAWABAN : E
Pada simpulan teks (paragraph terakhir), secara implisit disebutkan bahwa semua orang harus secara aktif terlibat dalam upaya menyelamatkan bumi dari kerusakan( all people must be actively involved in saving the world from destruction )
           3.       The text mentions all of following, except..
a.       The factors leading to world rising temperature
b.      The solutions againts global warming
c.       The education about global warming
d.      The site of global warming
e.      The effects of forest fires
JAWABAN : D
Yang tidak dibahas dalam teks adalah tempat pemanasan global ( the site of global warming ).

           4.       The purpose of the text is to...
a.       Report the dangers of global warming for the survival of living creatures
b.      Persuade the reader to fight againts the world rising temperature
c.       Argue for the importance of the efforts to stop global warming
d.      Compare between global warming and forest fires
e.      Discribe the effects of global warming
JAWABAN : B
Dilihat dari struktur teks yang dimulai dengan analisis pemicu pemanasan global , jelas bahwa tujuan penulis teks adalah untuk membujuk pembaca guna mengurangi meningkatnya suhu dunia (Persuade the reader to fight againts the world rising temperature )

           5.       The pronoun “They” (line 18) refers to....
a.       Living creatures
b.      Gas emissions
c.       Some plans
d.      Whose effects
e.      Forest fires
JAWABAN : C
(Some plans to reduce greenhouse gas emission, such as. Kyoto protocol has been in place for years , but they have shown tittle result. ) kata ganti ‘ they ’ mengacu pada inti pembicaraan pada pernyataan sebelumnya , yakni some people

            6.     Which of the following is closest in meaning to word  “ decomposition ” (line 12)?
a.       Development
b.      Deterioration
c.       Destruction
d.      Depletion
e.      Diversity
JAWABAN : D
Kata decomposition pada paragraf 2 , secara konteks memiliki pengertian ‘penguraian’ atau ‘penipisan’. Makna yang sama dapat diberikan oleh kata pada pilihan D ‘depletion’.
semoga tulisan ini bermanfaat, senang sekali penulis bisa membantu dan jangan lupa bagikan kepada yang lainnya. Karena berbagi tidak pernah mengurangi.
Referensi :
Buku The Master key of SBMPTN
  



      edit

1 comment:

  1. Tips Menghadapi Soal Bahasa Inggris Beserta Contoh Nya Sbmptn 2018 >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Tips Menghadapi Soal Bahasa Inggris Beserta Contoh Nya Sbmptn 2018 >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Tips Menghadapi Soal Bahasa Inggris Beserta Contoh Nya Sbmptn 2018 >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete