Thursday, September 28, 2017

Published 9/28/2017 02:50:00 AM by with 0 comment

Belajar Java Bab 2 Pengenalan objek: Paradigma pemograman berorientasi objek


 Abstraksi
  • Abstraksi merupakan suatu cara dimana kita melihat suatu objek dalam bentuk yang lebih sederhana.
  • Dengan abstraksi, kita dapat melihat suatu sistem yang kompleks sebagai kumpulan dari subsistem-subsistem yang lebih sederhana.
  • Yang harus diketahui adalah bagaimana cara mentransformasikan apa yang kita ketahui tentang suatu objek menjad suatu program komputer.

Elemen Dalam Sebuah Objek: State Dan Behaviour
  • Setiap objek memiliki state (keadaan) dan behaviour (kelakuan) yang dapat merubah state.
  • Dalam Java state diterjemahkan menjadi properties dan field.
  • Sedangkan behaviour diterjemahkan menjadi method.

Konsep Pemograman Berorientasi Objek: Pengkapsulan, Pewarisan, Dan Polymorphism

  Pengkapsulan/Enkapsulation
  • Enkaspsulation adalah suatu mekanisme untuk menyembunyikan atau memproteksi suatu proses dari kemungkinan interferensi atau penyalahgunaan dari luar sistem dan sekaligus menyederhakan penggunaan sistem tersebut.
  • Everything is an object dalam bahasa Java.

Pewarisan/Inheritance 
  • Pewarisan merupakan suatu proses dimana suatu class diturunkan dari class lainnya, sehingga ia mendapatkan ciri atau sifat dari class tersebut.
  • Misal class anjing, kucing dan monyet dapat diturunkan dari class mamalia.
  • Class digunakan untuk menggambarkan suatu model atau spesifikasi dari suatu entitas.
  • Objeck/instance merupakan kenyataan, realisasi, atau perwujudan dari class.
2.3.3. Banyak Bentuk/Polymorphism

  1. Polymorphism berasal dari bahasa Yunani yang berarti “Banyak Bentuk”.
  2. Dalam OOP, konsep ini memungkinkan digunakannya suatu interface yang sama untuk memerintah suatu objek agar melakukan suatu aksi atau tindakan yang mungkin secara prinsip sama tetapi secara proses berbeda.
  3. Contohnya adalah behaviour berlari yang pada pemrograman OOP dapat diberikan kepada class manusia dan class-class binatang(Misal: anjing, kucing dan tikus). Tetapi tentu saja cara berlari manusia akan tidak sama dengan cara berlari binatang.

2.4. Kuis

  1. Jelaskan perbedaan antara state dengan behaviour, dan berikan contohnya!
  2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan class dan objek apa perbedaannya dan berikan contohnya!
JAWAB
1.      Setiap objek memiliki state (keadaan) dan behaviour (kelakuan) yang dapat merubah state. Dalam Java state diterjemahkan menjadi properties dan field.Sedangkan behaviour diterjemahkan menjadi method.
2.        Pengertian class dan objek :
-           Class pada java adalah cetakan (blueprint) atau kerangka dasar, tempat pendefinisian data  dan fungsi-fungsi yang akan digunakan pada sebuah object.
-          Objek adalah suatu yang nyata, suatu yang telah jadi dan siap digunakan,        pada pemrograman objek adalah hasil dari kelas.
            Perbedaan Class & Object adalah :
objek adalah sebuah komponen software yang stukturnya mirip dengan objek pada dunia nyata. Setiap objek dibuat dari satu set data (sifat) dimana variable menjabarkan esensial karakter dari objek, dan juga terdiri dari satu set dari methode (tingkah laku) yang menjabarkan bagaimana tingkah laku dari objek sedangkan clas adalah sturktur dasa dari OOP. Terdiri dari dua tipe dari anggota dimana disebut dengan field (attribut/properti) dan method. Field memspesifikasi tipe data yang didefinisikan oleh class, sementara methode spesifikasi dari operasi. Sebuah objek adalah sebuah instance pada class.
1. Contoh Class: 
              public class cat{
                String breed;
                int age;
                String color;

                void miaow(){
                 }
  
                void hungry(){
                 }
           
                void sleeping(){
              }
             }



2. Contoh Objek:
                 public class Kitten{
 
                  public Kitten(String name){
                  // konstruktor ini memiliki satu parameter, name
                   System.out.println("my kitten is:" + name);
                  }
                  public static void main (String []args){
                  //ikuti statement ini untuk membuat objek                    
               Kitten mykitten = new Kitten ("teo");
               }
            }



      edit

0 komentar:

Post a Comment